Monday, June 9, 2014

Pantai Karapyak yang Masih Perawan


Salah satu sudut Pantai Karapyak
Pantai Karapyak (S7.69094 E108.75174) adalah salah satu pantai yang berada di Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang-Kabupaten Pangandaran. Pantai ini berlokasi sebelum Pantai Pangandaran dan Pantai Karang Nini.

Pantai Karapyak nampaknya kurang begitu dikenal dibandingkan dengan Pantai Pangandaran dan Pantai Karang Nini. Hal  ini nampaknya mungkin karena memang informasi yang dipublikasikan masih kurang. Selain itu kondisi jalan yang memang rusak berat menyebabkan orang enggan untuk berkunjung.

Untuk menuju Pantai Karapyak dapat ditempuh dengan dua rute. Rute pertama adalah berbelok dari Kantor Kecamatan Kalipucang S7.64601 E108.75259 dengan jarak 13,3  km.
Track menuju Pantai Karapyak melalui Majingklak (dekat Pulau Nusakambangan)
Rute pertama ini kondisi jalannya lumayan lebih baik dengan kondisi 85 % beraspal, tetapi di beberapa tempat memiliki tanjakan curam. Selain memiliki jalan lebih bagus, juga dapat sekalian mampir di Dermaga Majingklak yang lokasinya berseberangan dengan Pulau Nusakambangan.

Vertical profile rute pertama
Sementara untuk rute kedua, berbelok dari pertigaan Rest Area Emplak S7.66086 E108.73010 dengan jarak 9 km. Meskipun lebih dekat tetapi kondisi jalannya bisa dikatakan 80 % rusak parah.

Track menuju Pantai Karapyak melalui Rest Area Emplak
Setelah melewati gerbang wisata, jalan menuju pantai juga ada 2 rute, yang pertama lurus terus dengan kondisi jalan aspal mulus dan pemandangan yang bagus tetapi dengan jarak sedikit lebih jauh.

Ini foto-foto pemandangan di rute pertama






Rute kedua jaraknya lebih dekat, tetapi kondisi jalan rusak dan ada turunan curam

Vertical profile rute kedua ke pantai dari gerbang tiket masuk
Susahnya menuju pantai dapat terbayar dengan pemandangan yang indah di pantai ini. Ini beberapa foto Pantai Karapyak.

Ketika surut, pantai akan menjadi taman laut

Pantainya bening

Batuan di pantainya unik

Bebatuan di pantai

Ada air, batuan dan pasir putih

Bebatuan di pantai
Pantainya luaassss ...
Meskipun lokasinya jauh dari pinggir jalan raya, tetapi jangan khawatir ketersediaan logistik. Di Pantai Karapayak sudah tersedia rumah makan dan penginapan berupa pondok wisata.

Untuk berkunjung ke Pantai Karapyak tidak disarankan menggunakan sedan.


No comments:

Post a Comment